Segudang Manfaat Bengkuang untuk Wajah. Bisa Bikin Kulit Girls Putih dan Lembap nih!

0 48

Sudah sejak lama kita mengetahui kalau bengkuang merupakan salah satu bahan alami untuk pembuatan produk kecantikan. Tentunya Girls sudah tahu ya beragam produk kecantikan dengan kandungan bengkuang pun banyak di pasarkan.  Manfaat bengkuang untuk wajah memang cukup banyak. Mulai dari memutihkan wajah, menghaluskan kulit dan mencerahkan. Tak heran jika banyak wanita berlomba-lomba menggunakan bengkuang sebagai perawatan wajah mereka.

Bengkuang cukup mudah ditemukan di wilayah-wilayah Asia Selatan, Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tak hanya itu, di Indonesia pun, sangat mudah menjumpai buah yang berasal dari umbi-umbian ini. Oleh karena buah bengkuang akan tumbuh subur di wilayah yang beriklim semi tropis dan tropis. Dari segi rasa, bengkuang sangat berbeda dengan umbi-umbian lainnya. Ia memiliki rasa manis serta renyah. Ditambah lagi, bengkuang mengandung banyak air sehingga bengkuang memberikan sensasi segar.

 

 

Banyak Manfaat Bengkuang untuk Wajah

Bengkuang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh terutama untuk wajah. Dalam sebuah penelitian menyebutkan kalau bengkuang mempunyai kandungan yang cukup tinggi akan vitamin C, flavoid, dan saponin. Terdapat juga kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kelebihan buah bengkuang lainnya adalah bengkuang memiliki zat fenolik yang dapat memperlambat proses pembentukan melanin.

Hal yang paling penting, banyaknya kandungan air dalam buah bengkuang adalah salah satu alasan utama kenapa banyak produk kecantikan menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar. Banyaknya nutrisi dalam buah bengkuang, pastinya juga dibarengi dengan banyaknya manfaat dari buah bengkuang. Yuk, Girls simak apa saja manfaat buah bengkuang tersebut.

Bengkuang sudah tidak diragukan lagi bermanfaat dalam memutihkan wajah.

Bengkuang menjadi primadona hampir semua wanita untuk memutihkan dan mencerahkan wajah wanita. Kandungan vitamin B1 dan C yang terdapat pada buah bengkuang ini dapat membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan cerah. Untuk mendapatkannya, Girls bisa mengambil saripati bengkuang dengan cara memarut buah ini sampai halus.

Pilihlah buah bengkuang yang masih segar kemudian parut hingga halus. Setelah itu, peras buah bengkuang sampai mengeluarkan air. Lalu, diamkan untuk beberapa saat sampai air dan ampas bengkuang terpisah. Buanglah air itu dan ampas bengkuang tadi adalah saripati yang bisa Girls pakai untuk masker. Gunakan masker bengkuang secara rutin setiap malam. Bersihkan wajah keesokan harinya dengan air dingin.

Selain untuk memutihkan bengkuang juga bisa sebagai pelembab alami wajah.

Banyaknya kandungan air dalam buah bengkuang ternyata bersifat anti inflamasi atau anti peradangan. Karena sifat itulah, bengkuang mampu melembabkan kulit wajah yang kering. Sensasi dingin yang diberikan juga dapat membuat kulit wajah semakin kenyal dan terlihat segar.

Untuk mendapatkan khasiat lebih, Girls bisa menambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon dalam masker bengkuang. Berikut langkah-langkah membuat masker bengkuang dengan perasan jeruk nipis atau lemon.

  • Siapkan 1 buah bengkuang segar.
  • Kupas hingga bersih dan cucilah menggunakan air.
  • Potong menjadi beberapa bagian lalu parutlah buah bengkuang sampai halus.
  • Setelah itu, peras airnya tanpa perlu menambahkan air.
  • Diamkan sebentar sampai endapan saripati bengkuang dan air terpisah. Setelah itu buang airnya.
  • Campurkan 3 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam saripati. Lalu aduklah hingga rata.

Bengkuang juga bantu Girls untuk menghilangkan bintik hitam dan bekas jerawat.

Seperti yang kita tahu kalau buah bengkuang memiliki kandungan zat felonik yang dapat memperlambat proses pembentukan melanin. Zat felonik ini dapat mencegah pigmentasi atau perubahan warna kulit karena hormon. Selain itu, zat felonik dalam buah bengkuang mampu melindungi dari paparan sinar matahari. Sehingga bintik hitam di wajah dan bekas jerawat dapat disamarkan dan diatasi dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Girls bisa menambahkan putih telur ke dalam masker bengkuang.

Caranya pun cukup mudah untuk dipraktekkan, yaitu siapkan saripati bengkuang dengan memarut sampai halus buah bengkuang. Setelah itu, peras air bengkuangnya sampai terpisah antara endapan dan air bengkuangnya. Diamkan beberapa saat sampai benar-benar terpisah lalu buang airnya. Kemudian, Girls bisa menambahkan putih telur ke dalam saripati bengkuang sampai tercampur rata.

Bengkuang dapat menghambat proses penuaan dini juga loh!

Ternyata vitamin C tidak hanya ada dalam buah-buah berwarna oranye, seperti jeruk, papaya, lemon, dan lain-lain. Tetapi, vitamin C juga terkandung dalam buah bengkuang ini. Kandungan vitamin C ini memiliki peran aktif yang dapat membantu pembentukan kolagen pada sel kulit.

Kolagen mampu menghambat proses penuaan dini dengan mencegah kulit menjadi keriput serta menghilangkan kerutan-kerutan yang sudah tampak. Selain itu, zat antioksidan yang terdapat dalam buah bengkuang ini mudah larut dalam air. Hal itulah yang menyebabkan bengkuang dapat melindungi kulit Girls dari radikal bebas.

Sebaiknya untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, Girls bisa mencampurkan madu ke dalam masker bengkuang. Berikut cara pembuatan masker bengkuang dengan madu.

  • Ambil 1 buah bengkuang segar.
  • Kemudian parut sampai halus buah bengkuangnya.
  • Peras bengkuangnya dan diamkan sebentar untuk mendapatkan endapannya.
  • Buang air perasan bengkuang.
  • Lalu, campurkan endapan bengkuang dengan 3 sdm madu dan aduklah sampai merata.

Cukup simpel bukan? Setelah Girls mendapatkan masker yang diinginkan dan manfaat yang akan didapatkan. Yuk! Sekarang simak bagaimana cara mengaplikasikannya.

Berikut cara mendapatkan manfaat bengkuang untuk wajah.

  1. Cuci wajah Girls menggunakan air bersih lalu keringkan dengan handuk.
  2. Oleskan masker bengkuang yang telah Girls buat tadi secara merata ke seluruh area wajah.
  3. Diamkan selama kurang lebih 20 – 30 menit atau sampai mengering.
  4. Setelah itu, bilas wajah Girls dengan air hangat dan air dingin.
  5. Terakhir, keringkan dengan handuk halus.
  6. Agar hasil yang didapatkan maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.